THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 20 April 2010

Tanam 1000 Pohon, Bentuk Kepedulian Lingkungan



PEMANASAN global masih menjadi isu sentral di berbagai belahan dunia. Lantas, bagaimana caranya agar bumi dapat terlindung dari radiasi sinar matahari?

Bumi memiliki lapisan atmosfer yang melindunginya dari dampak radiasi sinar matahari. Setiap hari, panas matahari masuk ke bumi menembus lapisan atmosfer berupa radiasi gelombang pendek. Sebagian diserap bumi, sisanya dipantulkan lagi ke angkasa.

Pada lapisan atmosfer bumi tersebut, terdapat selimut gas yang biasa disebut Gas Rumah Kaca. Gas ini berfungsi menahan panas matahari agar tidak dilepas kembali seluruhnya ke angkasa, sehingga matahari tetap hangat.

Selama bumi masih dalam temperatur 16 Celsius, pemanasan bumi adalah hal yang baik. Tetapi ketika terjadi peningkatan konsentrasi Gas Rumah Kaca yang melebihi batas normal, maka akan membuat penumpukan gas yang terperangkap efek rumah kaca sehingga menekan jumlah radiasi infra merah yang seharusnya lolos ke ruang angkasa. Bumi akan semakin panas.

Itulah penyebab terjadinya pemanasan global (global warming) yang belakangan tengah melanda berbagai belahan dunia. Dan efek pemanasan global itu semakin hari kian terasa.

Bertepatan dengan hari bumi dan untuk mencegah pemanasan global, PT Accor Indonesia, perusahaan yang mengoperasikan usaha hotel dan restoran itu ikut sumbangsih melakukan gerakan peduli lingkungan dengan menanam 1000 pohon di sepanjang Pantai Bende dan pesisir laut Ancol, Jakarta Utara.

“Untuk merayakan hari bumi, pada hari ini kami mengadakan kegiatan sosial melalui bentuk aktivitas menanam pohon. Kami menyumbang 1000 pohon yang ditanam secara simbolis di sepanjang pantai Bende dan pesisir sampai beberapa meter di tengah laut Ancol,” kata Tia Ayunita A Hanafiah, Public Relations Officer Gran Mahakam Hotel saat dihubungi okezone melalui telepon genggamnya, Kamis (24/4/2008).

Tindakan ini, sambung Tia, menjadi salah satu upaya manajemen hotel guna mewujudkan kepedulian lingkungan. Melalui upaya ini, Accor management berkomitmen untuk menanam pohon setiap membangun satu kamar hotel.

“Salah satu bentuk kepedulian Accor terhadap lingkungan ialah dengan membentuk komitmen untuk menyumbangkan 10 pohon setiap membangun satu kamar hotel. Penanaman pohon menjadi komitmen kami untuk melindungi efek global warming dan semakin berkurangnya hutan di Indonesia,” beber wanita hitam manis ini.

Ditambahkan oleh Tia, penanaman pohon dimaksudkan agar terhindar dari bencana lingkungan. Selain itu, kehadiran pohon produktif di sepanjang jalan memberi kesegaran udara bagi orang yang berada di sekitarnya.

“Mudah-mudahan dengan komitmen kami untuk menanam pohon dapat menghambat terjadinya banjir maupun bencana alam lainnya,” harapnya.

Adapun pohon yang disumbangkan dalam acara yang dibantu oleh Perhutani ini ialah kayu sengor.

“Bibit pohon sengor yang ditanam di sepanjang Pantai Bende dan pesisir laut Ancol rencananya akan dikirim ke Pemalang,” pungkasnya seraya berharap agar kegiatan sosial ini dapat diikuti oleh usaha properti dan hotel lain.(nsa)

2 komentar:

kha Faurizka mengatakan...

ayooo save our world, save our nature... :)

dwii mengatakan...

dgn cra menanam tnaman biar karbon dioksida taw gas2 jahad berkurang...hhe
:)